Naskah
Pembelajaran Micro Teaching
Mata
Pelajaran : IPS Kelas 4 SD
Sub
Pokok : Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia
|
Rabu, Pukul 7.30 di SDN 104 Jalajja suasana di
hari itu tidak begitu cerah, awan hitam yang menutup langit menandakan
sebentar lagi akan turun hujan, dari ruang kelas 4 SD terdengar langkah kaki
dari luar kelas, langkah dari seorang wanita berkecamata berpakaian batik
berwarna putih dan menggenggam sebuah buku, seketika ruangan yang tadinya
ribut menjadi tenang. Ternyata wanita tersebut adalah seorang guru IPS yang
akan mengajar siswa di kelas 4.
|
||
|
|
||
|
Guru
|
Selamat Pagi Anak-Anak!
|
Membuka Pelajaran
Mengelola Kelas
|
|
Murid
|
Selamat Pagi Bu!
|
|
|
Guru
|
Baiklah Anak-anak sebelum
kita memulai pelajaran pada hari ini coba Kamu Kasdar pimpin doa teman-temannya,
|
|
|
Kasdar
|
Baiklah teman-teman sebelum
kita memulai pelajaran pada pagi hari ini, marilah kita berdoa menurut agama
dan kepercayaan masing-masing, berdoa di Mulai!
|
|
|
Murid
|
(Semua
Menundukkan Kepala Berdoa)
|
|
|
Kasdar
|
Selesai
|
|
|
Guru
|
Baiklah
anak-anak coba rapikan dulu tempat
duduknya, duduk yang rapi, tangan di atas meja semuanya.
|
|
|
Murid
|
iya bu!
|
|
|
Guru
|
Sekarang ibu mau mengecek
kehadiran kalian terlebih dahulu! Kasdar?
|
|
|
Kasdar
|
Hadir Bu!
|
|
|
Guru
|
Risal ?
|
|
|
Risal
|
Hadir bu !
|
|
|
|
(Guru mengecek
kehadiran siswa satu persatu)
|
|
|
Guru
|
Baiklah,
tampaknya hadir semua ya anak-anak.
|
|
|
Guru :
|
Oke anak-anak Coba perhatikan
gambar yang ibu pegang!, gambar apakah
ini ?
|
Apersepsi
|
|
Ilham
|
Saya, Bu’
|
|
|
Guru
|
Ya! Coba kamu Ilham
|
|
|
Ilham
|
itu gambar burung garuda pancasila bu!
|
|
|
Guru
|
Ya benar sekali, ini adalah
gambar burung garuda pancasila. Tepuk tangan Untuk Ilham.
|
Memberi Penguatan
|
|
|
||
|
Guru
|
Nah, anak-anak hari ini kita
akan belajar mengenai
keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia.
|
Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
|
|
Murid
|
Iya
Bu
|
|
|
Guru
|
ibu harapkan, setelah kalian
melakukan pembelajaran hari ini, kalian bisa memahami berbagai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia terutama di daerah kita
sendiri.
|
|
|
|
|
|
|
Guru
|
Anak-anak, Perhatikan gambar garuda
pancasila yang ibu pegang ini. Ada yang tahu garuda pancasila
merupakan lambang Negara apa?
|
Bertanya Dasar
|
|
Irma
|
Saya,
Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya,
Irma!
|
|
|
Irma
|
Menjadi
lambang Negara Kita, Indonesia bu!
|
|
|
Guru
|
ya,
benar sekali, berikan tepuk tangan untuk Irma.
|
Memberikan penguatan
|
|
|
||
|
Guru
|
sekarang
perhatikan lagi, Pada lambang Negara kita ini
bertuliskan Bhinneka Tungga Ika. Ada
yang tahu apa artinya ini ?
|
Bertanya Dasar
|
|
Busmar
|
Saya
Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya,
Coba kamu Busmar!
|
|
|
Busmar
|
Artinya
berbeda-beda tapi tetap satu jua Bu.
|
|
|
Guru
|
Benar Busmar, tepuk tangan anak-anak!
|
Memberi Penguatan
|
|
|
||
|
Guru
|
Tadi sudah di katakan bahwa meskipun
kita berbeda-beda namun tetap satu jua, coba ada yang tahu apa maksudnya kalimat tersebut?
|
Bertanya Lanjut
|
|
Ardi
|
Saya Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya, Ardi!
|
|
|
Ardi
|
Maksudnya
bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan adat istiadat dan bahasa
daerah
yang
berbeda-beda, serta bermacam-macam agama. Akan tetapi, meskipun demikian kita semua adalah satu bangsa, bangsa
Indonesia
bu.
|
|
|
Guru
|
Tepat
sekali Ardi (sambil menepuk pundak Ardi)
|
Memberikan Penguatan
|
|
|
||
|
Guru
|
Nah sekarang siapa
yang bisa memberikan contoh ciri-ciri
dari perbedaan suku dan budaya tersebut?
|
Bertanya Lanjut
|
|
Musmuliadi
|
Saya bu!
|
|
|
Guru
|
Ya, Kamu Musmuliadi!
|
|
|
Musmuliadi
|
Contohnya bu, Suku bugis berbeda
dengan Suku Jawa, perbedaannya itu seperti dari bahasa dan pakean adatnya bu.
|
|
|
Guru
|
Benar
sekali, Musmuliadi. (mengacungkan Jempol)
ada yang bisa memberikan contoh lain?
|
Memberikan Penguatan
Bertanya lanjut
|
|
Rahmat
|
Saya Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya Rahmat, Coba Kamu!
|
|
|
Rahmat
|
Mmmm, Agama Islam berbeda dengan agama
Hindu bu’ ini bisa kita lihat dari tempat mereka beribadah bu
|
|
|
Guru
|
Ya, betul Rahmat tepuk tangan
anak-anak!
|
Memberikan Penguatan
|
|
|
||
|
Guru
|
jadi Setiap suku bangsa mempunyai
kebiasaan hidup yang menjadi ciri khas suku bangsa itu. Begitu kuatnya
kebiasaan hidup itu, masih terbawa ketika suku bangsa itu berada di tempat
lain yang mempunyai kebiasaan hidup berbeda. Dalam banyak hal, kebiasaan
hidup suatu suku terdapat perbedaan-perbedaan dibanding dengan suku lain.
Perbedaan itulah yang menjadi ciri khas suku tersebut. Salah satu ciri yang
mudah kita kenali adalah bahasanya. Mereka yang sesuku, biasanya menggunakan
bahasa daerahnya dalam bergaul. Kalaupun mereka menggunakan bahasa umum
(bahasa Indonesia) dalam pergaulan sehari-hari, akan tampak kesukuan
seseorang. Misalnya, dari logatnya, ucapakan kata-katanya, tekanan bahasa,
dan sebagainya. Ciri lain yang mudah dikenali adalah dari Pakaianya.
Terutama, pakaian pakaian yang bersifat tradisional (pakaian daerah). Ciri
yang lain berupa rumah adat, tarian daerah, senjata tradisional, dan
lagu-lagu daerah.
Sampai dsini ada pertanyaan?
|
Menjelaskan
|
|
Mufid
|
Saya Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya, Mufid Kenapa Nak?
|
|
|
Mufid
|
Ada tidak bu. Perbedaan Suku Bangsa
antara Masyarakat di Pedesaan dengan Masyarakat di Perkotaan?
|
|
|
Guru
|
Pertanyaan
yang bagus Mufid, Penduduk suatu desa biasanya terdiri atas satu golongan
atau suku. Mereka telah mendiami tempat itu turun-temurun sejak jangka waktu
yang lama. Adat-istiadat dan budayanya seolah-olah tidak berubah, dari tahun
ke tahun demikian adanya. Pendatang baru, dari desa lain atau suku lain boleh
dikatakan sangat sedikit. Hal itu terjadi kadang-kadang hanya karena
peristiwa perkawinan. Sementara yang bersifat perpindahan jarang terjadi.
Lain halnya dengan penduduk kota. Penduduk dari berbagai suku, datang ke
kota. Tujuannya yang utama adalah mencari lapangan kerja. Setelah mendapat
pekerjaan, mereka lalu menetap di kota. Penduduk kota sifatnya heterogen ,
artinya terdiri atas berbagai suku yang berbeda sifat dan adat istiadatnya.
Sebaliknya, penduduk desa sifatnya homogen , artinya kelompok masyarakat yang
terdiri atas jenis, sifat, watak, dan adat istiadat yang sama. Bagaiman Mufid sudah mengerti?
|
Memberi Penguatan
Menjelaskan
|
|
Mufid
|
Oh, Iya Bu! (mengangguk)
|
|
|
Guru
|
Bagaimana dengan yang lain masih ada
pertanyaan?
|
|
|
Murid
|
Tidak ada bu!
|
|
|
Guru
|
Baiklah, tadi kita suda menjelaskan tentang
perbedaan-perbedaan suku bangsa dan budaya Indonesia secara umum, selanjutnya Ibu akan membagi kalian menjadi
beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang.
(Guru membagi
kelompok)
Ita, Ilham, Kasdar dan
Irma Kalian Kelompok 1
Risal, Ardi, Eni dan Rahma Kalian Kelompok
2
Musmuliadi, Rahmat, Mufid dan Riskal kalian Kelompok
3
Yenni, Linda, Busmar dan Elhu kalian Kelompok
4
Jadi ada 4
kelompok di kelas ini
(Murid-murid
mencari anggota kelompoknya)
|
Membimbing diskusi kelompok
|
|
Guru
|
Sekarang
kalian membentuk kelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah ibu bagi tadi.
(Murid – murid
duduk dengan kelompokya masing-masing)
Sekarang
perhatikanlah teman sekelompok kalian, tanyakan pada mereka apa nama suku
bangsanya dan dari daerah mana mereka berasal serta diskusikan apa saja yang
menjadi ciri khas dari suatu suku bangsa baik itu dari teman kelempok maupun
dari pengelaman yang kalian pernah temui. Kemudian catatlah hasil diskusi
kalian kemudian kumpulkan di meja ibu nanti, Mengerti anak-anak?
|
|
|
Murid
|
Mengerti Bu!
|
|
|
Guru
|
Baiklah
sekarang kerjakan tugas kalian bersama teman sekelompokmu!
(Guru Memperhatikan secara seksama
Diskusi yang di lakukan oleh Siswa)
|
|
|
|
Setelah 20 menit
bekerja sama antar kelompok
|
|
|
Guru
|
Baiklah anak-anak,
sudah selesai semua tugasnya?
|
|
|
Murid
|
Sudah Bu!
|
|
|
Guru
|
Nah, kalau begitu kumpulkan di atas meja hasil diskusi dari semua kelompok. Ibu
akan memeriksanya terlebih dahulu.
|
|
|
Murid
|
Baik Bu!
|
|
|
Guru
|
(Setelah
Memeriksa Pekerjaan Murid-Muridnya)
Sekarang ibu akan bagikan catatan hasil diskusi kalian ini,
kepada kelompok yang berbeda. Kemudian kelompok yang mendapatkan catatan
hasil diskusi dari kelompok lain tersebutlah yang akan membacakan hasil
diskusinya di depan kelas. Nah, kelompok 1, bacakan hasil diskusi kelompok 4,
kelompok 4 membacakan hasil diskusi kelompok 2, kelompok 2 membacakan hasil
diskusi kelompok 3, dan kelompok 3 membacakan hasil diskusi kelompok 1. Bisa
di mengerti anak-anak?
|
Mengadakan Variasi
|
|
Murid
|
Bisa Bu!
|
|
|
Guru
|
baik sekarang kita mulai dari kelompok
1.
(satu
persatu kelompok membacakan hasil diskusi dari kelompok lain)
|
|
|
Guru
|
(Setelah Kelompok Membacakan Hasil
Diskusi)
baiklah anak-anak jadi seperti yang
kalian bacakan tadi, Negara kita terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya
yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Sumatera terdapat suku bangsa Aceh,
Gayo, Batak, Minangkabau, Mentawai, dan sebagainya. Di Jawa ada suku bangsa
Sunda, Jawa, dan
Madura. Di Bali ada suku bangsa Bali.
Di Nusa Tenggara ada suku bangsa Sasak, Bima, Flores, Solor, Alor, Roti, dan
sebagainya. Di Kalimantan terdapat suku bangsa Dayak, Banjar, Ngaju, Punan,
Kayan, Kenyah, dan sebagainya. Di Sulawesi ada suku bangsa Mandar, Toraja,
Bugis, Makassar,
Minahasa,
Sangir, Talaud, dan sebagainya. Dan masih banyak lagi di daerah-daerah
lain. Di kelas kita saja tadi ada yang
sukunya suku Jawa, Bugis, Lombok, pamona dan Bali. Setiap suku meiliki ciri
khas mereka masing-masing, seperti yang sudah jelaskan oleh ibu di awal pembelajaran
tadi. Namun meskipun di Negara kita ini begitu banyak perbedaan namun kita
tetap satu, satu tanah air, satu bangsa, bangsa apa anak-anak?
|
Menjeleskan
|
|
Murid
|
Indonesia Bu!
|
|
|
Guru
|
Bagus sekali anak-anak, jadi apapun
suku bangsa, budaya dan agama kita, kita semua tetaplah bersaudara, kita
harus bisa saling hormat menghormati dan harga-menghargai serta saling tolong
menolong antar sesama suku
bangsa. Mengerti anak-anak?
|
Memberi penguatan
|
|
Murid
|
Mengerti Bu!
|
|
|
Guru
|
Sekarang coba siapa yang bisa menyimpulkan pembelajaran kita hari
ini?
|
Penyimpulan
|
|
Linda
|
Saya Bu!
|
|
|
Guru
|
Ya Silahkan Linda
|
|
|
Linda
|
Kita hari
ini telah belajar mengenai berbagai perbedaan suku bangsa dan budaya
Indonesia, ada begitu banyak suku bangsa dan budaya di Indonesia, setiap suku
bangsa tersebt memiliki ciri khas yang membedakannya dengan suku bangsa yang
lain, seperti bugis, jawa, dayak, bali, talaud, dan sebagainya. Namun
meskipun demikian, kita tetap lah satu kesatuan, Satu tanah air, Indonesia.
Oleh karena itu meskipun kami berbeda suku dan budaya kami tetaplah saudara,
harus saling menghormati dan menghargai, serta saling menolong jika saudara
kami mendapat kesulitan.
|
|
|
Guru
|
Baik
sekali, benar apa yang telah dikatakan Linda. Ibu harap kalian
bisa selalu saling menghargai dan menghormati meskipun kalian berbeda suku
bangsa dan budaya. Namun ingat kita semua tetapalah bersaudara, saudara
setanah air, bangsa Indonesia!
|
Memberikan Penguatan
|
|
Murid
|
Iya Bu!
|
|
|
Guru
|
Baiklah
anak-anak, Ibu akan memberikan PR pada kalian masih mengenai keberagaman
suku bangsa dan budaya di Indonesia, kalian
kerjakan PR di buku paket halaman 17 nanti pada pertemuan minggu depan PR nya dikumpulkan, paham semuanya?
|
Menutup Pelajaran
|
|
Murid
|
Paham Bu!
|
|
|
Guru
|
Ibu
ingatkan agar kalian belajar yang rajin di rumah
ya!
|
|
|
Murid
|
Iya Bu!
|
|
|
Guru
|
Baiklah,
sekian dulu pelajaran kita hari ini, sebelum kita mengakhiri pelajaran ada
baiknya kita berdoa akhir belajar, coba Kasdar pimpin doanya.
|
|
|
Kasdar
|
Baiklah
teman-teman sebelum kita mengakhiri pelajaran pada hari ini marilah kita berdoa
menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa mulai... selesai
|
|
|
Guru
|
Iya sekian
dulu pelajaran kita pada hari ini, ibu akhiri wassalamuaikum warohmatullahi
wabarokatuh.
|
|
|
Murid
|
Waalaikumsalamwarohmatullahiwabarokatuh
|
|
|
|
||
|
|
Guru Pun Meninggalkan Kelas
|
|
Ini model apa yg diberikan?
BalasHapus