Rabu, 01 Mei 2013

Contoh Naskah Micro Teaching


Naskah Pembelajaran Micro Teaching
Mata Pelajaran : IPS Kelas 4 SD
Sub Pokok : Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Rabu, Pukul 7.30 di SDN 104 Jalajja suasana di hari itu tidak begitu cerah, awan hitam yang menutup langit menandakan sebentar lagi akan turun hujan, dari ruang kelas 4 SD terdengar langkah kaki dari luar kelas, langkah dari seorang wanita berkecamata berpakaian batik berwarna putih dan menggenggam sebuah buku, seketika ruangan yang tadinya ribut menjadi tenang. Ternyata wanita tersebut adalah seorang guru IPS yang akan mengajar siswa di kelas 4. 


Guru
Selamat Pagi Anak-Anak!

Membuka Pelajaran














Mengelola Kelas
Murid
Selamat Pagi Bu!

Guru
Baiklah Anak-anak sebelum kita memulai pelajaran pada hari ini coba Kamu  Kasdar pimpin doa teman-temannya,

Kasdar
Baiklah teman-teman sebelum kita memulai pelajaran pada pagi hari ini, marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa di Mulai!

Murid
(Semua Menundukkan Kepala Berdoa)
Kasdar

Selesai

Guru
Baiklah anak-anak coba rapikan dulu tempat  duduknya, duduk yang rapi, tangan di atas meja semuanya.

Murid
iya bu!

Guru
Sekarang ibu mau mengecek kehadiran kalian terlebih dahulu! Kasdar?

Kasdar
Hadir Bu!

Guru
Risal ?

Risal
Hadir bu !


(Guru mengecek kehadiran siswa satu persatu)

Guru
Baiklah, tampaknya hadir semua ya anak-anak.

Guru          :
Oke anak-anak Coba perhatikan gambar yang  ibu pegang!, gambar apakah ini ?

Apersepsi
Ilham
Saya, Bu’


Guru
Ya! Coba kamu Ilham

Ilham
itu gambar burung garuda pancasila bu!

Guru
Ya benar sekali, ini adalah gambar burung garuda pancasila.  Tepuk tangan Untuk Ilham.

Memberi Penguatan

Guru
Nah, anak-anak hari ini kita akan belajar mengenai keragaman suku bangsa dan budaya di indonesia.

Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
Murid
Iya Bu

Guru
ibu harapkan, setelah kalian melakukan pembelajaran hari ini, kalian bisa memahami berbagai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia terutama di daerah kita sendiri.




Guru
Anak-anak, Perhatikan gambar garuda pancasila yang ibu pegang ini. Ada yang tahu garuda pancasila merupakan lambang Negara apa?

Bertanya Dasar
Irma
Saya, Bu!

Guru
Ya, Irma!

Irma
Menjadi lambang Negara Kita, Indonesia bu!

Guru
ya, benar sekali, berikan tepuk tangan untuk Irma.

Memberikan penguatan

Guru
sekarang perhatikan lagi, Pada lambang Negara kita ini  bertuliskan Bhinneka Tungga Ika. Ada yang tahu apa artinya ini ?

Bertanya Dasar
Busmar
Saya Bu!

Guru
Ya, Coba kamu Busmar!

Busmar
Artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua Bu.

Guru
Benar Busmar, tepuk tangan anak-anak!
Memberi Penguatan


Guru
Tadi sudah di katakan bahwa meskipun kita berbeda-beda namun tetap satu jua, coba ada  yang tahu apa maksudnya kalimat tersebut?

Bertanya Lanjut
Ardi
Saya Bu!

Guru
Ya, Ardi!

Ardi
Maksudnya bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan adat istiadat dan bahasa daerah
yang berbeda-beda, serta bermacam-macam agama. Akan tetapi, meskipun demikian kita semua adalah satu bangsa, bangsa Indonesia bu.

Guru
Tepat sekali Ardi (sambil menepuk pundak Ardi)

Memberikan Penguatan

Guru
Nah sekarang siapa yang bisa memberikan contoh  ciri-ciri dari perbedaan suku dan budaya tersebut?

Bertanya Lanjut
Musmuliadi
Saya bu!

Guru
Ya, Kamu Musmuliadi!

Musmuliadi
Contohnya bu, Suku bugis berbeda dengan Suku Jawa, perbedaannya itu seperti dari bahasa dan pakean adatnya bu.

Guru
Benar sekali,  Musmuliadi. (mengacungkan Jempol)


ada yang bisa memberikan contoh lain?

Memberikan Penguatan

Bertanya lanjut

Rahmat
Saya Bu!

Guru
Ya Rahmat, Coba Kamu!

Rahmat
Mmmm, Agama Islam berbeda dengan agama Hindu bu’ ini bisa kita lihat dari tempat mereka beribadah bu

Guru
Ya, betul Rahmat tepuk tangan anak-anak!

Memberikan Penguatan

Guru
jadi Setiap suku bangsa mempunyai kebiasaan hidup yang menjadi ciri khas suku bangsa itu. Begitu kuatnya kebiasaan hidup itu, masih terbawa ketika suku bangsa itu berada di tempat lain yang mempunyai kebiasaan hidup berbeda. Dalam banyak hal, kebiasaan hidup suatu suku terdapat perbedaan-perbedaan dibanding dengan suku lain. Perbedaan itulah yang menjadi ciri khas suku tersebut. Salah satu ciri yang mudah kita kenali adalah bahasanya. Mereka yang sesuku, biasanya menggunakan bahasa daerahnya dalam bergaul. Kalaupun mereka menggunakan bahasa umum (bahasa Indonesia) dalam pergaulan sehari-hari, akan tampak kesukuan seseorang. Misalnya, dari logatnya, ucapakan kata-katanya, tekanan bahasa, dan sebagainya. Ciri lain yang mudah dikenali adalah dari Pakaianya. Terutama, pakaian pakaian yang bersifat tradisional (pakaian daerah). Ciri yang lain berupa rumah adat, tarian daerah, senjata tradisional, dan lagu-lagu daerah.

Sampai dsini ada pertanyaan?

Menjelaskan
Mufid
Saya Bu!


Guru
Ya, Mufid Kenapa Nak?

Mufid
Ada tidak bu. Perbedaan Suku Bangsa antara Masyarakat di Pedesaan dengan Masyarakat di Perkotaan?

Guru
Pertanyaan yang bagus Mufid, Penduduk suatu desa biasanya terdiri atas satu golongan atau suku. Mereka telah mendiami tempat itu turun-temurun sejak jangka waktu yang lama. Adat-istiadat dan budayanya seolah-olah tidak berubah, dari tahun ke tahun demikian adanya. Pendatang baru, dari desa lain atau suku lain boleh dikatakan sangat sedikit. Hal itu terjadi kadang-kadang hanya karena peristiwa perkawinan. Sementara yang bersifat perpindahan jarang terjadi. Lain halnya dengan penduduk kota. Penduduk dari berbagai suku, datang ke kota. Tujuannya yang utama adalah mencari lapangan kerja. Setelah mendapat pekerjaan, mereka lalu menetap di kota. Penduduk kota sifatnya heterogen , artinya terdiri atas berbagai suku yang berbeda sifat dan adat istiadatnya. Sebaliknya, penduduk desa sifatnya homogen , artinya kelompok masyarakat yang terdiri atas jenis, sifat, watak, dan adat istiadat yang sama.  Bagaiman Mufid sudah mengerti?

Memberi Penguatan

Menjelaskan
















Mufid
Oh, Iya Bu! (mengangguk)

Guru
Bagaimana dengan yang lain masih ada pertanyaan?

Murid
Tidak ada bu!

Guru
Baiklah,  tadi kita suda menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan suku bangsa dan budaya Indonesia secara umum,  selanjutnya Ibu akan membagi kalian menjadi beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang.

(Guru membagi kelompok)
Ita, Ilham, Kasdar dan Irma Kalian Kelompok 1
Risal, Ardi, Eni dan Rahma Kalian Kelompok 2
Musmuliadi, Rahmat, Mufid dan Riskal  kalian Kelompok 3
Yenni, Linda, Busmar dan Elhu kalian Kelompok 4
Jadi ada 4 kelompok di kelas ini
(Murid-murid mencari anggota kelompoknya)

Membimbing diskusi kelompok










































Guru
Sekarang kalian membentuk kelompok sesuai dengan pembagian kelompok yang telah ibu bagi tadi.

(Murid – murid duduk dengan kelompokya masing-masing)

Sekarang perhatikanlah teman sekelompok kalian, tanyakan pada mereka apa nama suku bangsanya dan dari daerah mana mereka berasal serta diskusikan apa saja yang menjadi ciri khas dari suatu suku bangsa baik itu dari teman kelempok maupun dari pengelaman yang kalian pernah temui. Kemudian catatlah hasil diskusi kalian kemudian kumpulkan di meja ibu nanti, Mengerti anak-anak?

Murid
Mengerti Bu!

Guru
Baiklah sekarang kerjakan tugas kalian bersama teman sekelompokmu!

(Guru Memperhatikan secara seksama Diskusi yang di lakukan oleh Siswa)


Setelah 20 menit bekerja sama antar kelompok

Guru
Baiklah anak-anak, sudah selesai semua tugasnya?

Murid
Sudah Bu!

Guru
Nah, kalau begitu kumpulkan di atas meja  hasil diskusi dari semua kelompok. Ibu akan memeriksanya terlebih dahulu.

Murid
Baik Bu!

Guru
(Setelah Memeriksa Pekerjaan Murid-Muridnya)

Sekarang ibu akan bagikan catatan hasil diskusi kalian ini, kepada kelompok yang berbeda. Kemudian kelompok yang mendapatkan catatan hasil diskusi dari kelompok lain tersebutlah yang akan membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Nah, kelompok 1, bacakan hasil diskusi kelompok 4, kelompok 4 membacakan hasil diskusi kelompok 2, kelompok 2 membacakan hasil diskusi kelompok 3, dan kelompok 3 membacakan hasil diskusi kelompok 1. Bisa di mengerti anak-anak?

Mengadakan Variasi
Murid
Bisa Bu!

Guru
baik sekarang kita mulai dari kelompok 1.

(satu persatu kelompok membacakan hasil diskusi dari kelompok lain)

Guru
(Setelah Kelompok Membacakan Hasil Diskusi)

baiklah anak-anak jadi seperti yang kalian bacakan tadi, Negara kita terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Sumatera terdapat suku bangsa Aceh, Gayo, Batak, Minangkabau, Mentawai, dan sebagainya. Di Jawa ada suku bangsa Sunda, Jawa, dan
Madura. Di Bali ada suku bangsa Bali. Di Nusa Tenggara ada suku bangsa Sasak, Bima, Flores, Solor, Alor, Roti, dan sebagainya. Di Kalimantan terdapat suku bangsa Dayak, Banjar, Ngaju, Punan, Kayan, Kenyah, dan sebagainya. Di Sulawesi ada suku bangsa Mandar, Toraja, Bugis, Makassar,
Minahasa, Sangir, Talaud, dan sebagainya. Dan masih banyak lagi di daerah-daerah lain.  Di kelas kita saja tadi ada yang sukunya suku Jawa, Bugis, Lombok, pamona dan Bali. Setiap suku meiliki ciri khas mereka masing-masing, seperti yang sudah jelaskan oleh ibu di awal pembelajaran tadi. Namun meskipun di Negara kita ini begitu banyak perbedaan namun kita tetap satu, satu tanah air, satu bangsa, bangsa apa anak-anak?

Menjeleskan
Murid
Indonesia Bu!


Guru
Bagus sekali anak-anak, jadi apapun suku bangsa, budaya dan agama kita, kita semua tetaplah bersaudara, kita harus bisa saling hormat menghormati dan harga-menghargai serta saling tolong menolong  antar sesama suku bangsa.   Mengerti anak-anak?

Memberi penguatan
Murid
Mengerti Bu!


Guru
Sekarang coba siapa yang bisa menyimpulkan pembelajaran kita hari ini?

Penyimpulan
Linda
Saya Bu!

Guru
Ya Silahkan Linda

Linda
Kita hari ini telah belajar mengenai berbagai perbedaan suku bangsa dan budaya Indonesia, ada begitu banyak suku bangsa dan budaya di Indonesia, setiap suku bangsa tersebt memiliki ciri khas yang membedakannya dengan suku bangsa yang lain, seperti bugis, jawa, dayak, bali, talaud, dan sebagainya. Namun meskipun demikian, kita tetap lah satu kesatuan, Satu tanah air, Indonesia. Oleh karena itu meskipun kami berbeda suku dan budaya kami tetaplah saudara, harus saling menghormati dan menghargai, serta saling menolong jika saudara kami mendapat kesulitan.

Guru
Baik sekali, benar apa yang telah dikatakan Linda. Ibu harap kalian bisa selalu saling menghargai dan menghormati meskipun kalian berbeda suku bangsa dan budaya. Namun ingat kita semua tetapalah bersaudara, saudara setanah air, bangsa Indonesia!
Memberikan Penguatan
Murid
Iya Bu!

Guru
Baiklah anak-anak, Ibu akan memberikan PR pada kalian masih mengenai keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, kalian kerjakan PR di buku paket halaman 17 nanti pada pertemuan minggu depan PR nya dikumpulkan, paham semuanya?

Menutup Pelajaran















Murid
Paham Bu!

Guru
Ibu ingatkan agar kalian belajar yang rajin di rumah ya!

Murid
Iya Bu!

Guru
Baiklah, sekian dulu pelajaran kita hari ini, sebelum kita mengakhiri pelajaran ada baiknya kita berdoa akhir belajar, coba Kasdar pimpin doanya.

Kasdar
Baiklah teman-teman sebelum kita mengakhiri pelajaran pada hari ini marilah kita berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, berdoa mulai... selesai

Guru
Iya sekian dulu pelajaran kita pada hari ini, ibu akhiri wassalamuaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Murid
Waalaikumsalamwarohmatullahiwabarokatuh



Guru Pun Meninggalkan Kelas



1 komentar: